Rekomendasi Usaha Sampingan Online Tanpa Perlu Modal!

Di masa yang penuh dengan ketidakpastian ini, banyak hal yang dilakukan oleh orang – orang agar dapur mereka tetap ngebul.

Salah satunya adalah dengan membuat usaha sampingan online. Walaupun awalnya hanya untuk menambah penghasilan, namun tak jarang juga usaha sampingan di rumah justru mendatangkan keuntungan yang besar.

Hal ini berarti peluangnya masih terbuka lebar. Apalagi, ada banyak usaha sampingan tanpa modal yang bisa dilakukan.

Lalu, usaha apa saja sih yang mudah dan bisa dilakukan secara online di masa ini? yuk simak di bawah.

1.Mengikuti Program Afiliasi

Mengikuti Program Afiliasi

Salah satu usaha sampingan tanpa modal yang patut Anda coba adalah mengikuti program afiliasi.  Apa sih afiliasi itu? Dan, benarkah program afiliasi bisa menghasilkan keuntungan tanpa modal?

Program afiliasi adalah program yang memberi Anda komisi setelah berhasil menjual suatu produk. Bisa dikatakan, afiliasi adalah program revenue sharing atau berbagi pendapatan.

Saat ini, cukup banyak perusahaan yang memiliki program afiliasi. Sebut saja Zalora, Bukalapak, Tokopedia, dan Niagahoster.

Cara kerjanya juga sederhana kok. Anda mendaftar pada sebuah program afiliasi, mendapatkan kupon khusus, dan menjual produk dengan kupon tersebut. Nantinya, setiap pembelian yang menggunakan kupon Anda akan terhitung berhak mendapat komisi.

Nah, karena setiap perusahaan memberikan komisi yang berbeda, Anda perlu jeli memilih mana yang menguntungkan.

Beberapa perusahaan umumnya hanya memberikan komisi di kisaran 10% seperti Matahari Mall dan Zalora. Namun, ada juga yang memberikan komisi hingga 70% dari penjualan yang dilakukan.

2.Menjual Pakaian Bekas (Second Stuff) di Media Sosial

Menjual Pakaian Bekas (Second Stuff) di Media Sosial

Banyak baju yang kekecilan dan bingung akan ditaruh di mana? Atau pernah membeli baju branded tapi tidak dipakai? Bagaimana kalau menjualnya saja di media sosial?

Saat ini, menjual pakaian bekas atau yang biasa disebut second stuff sedang menjadi trend lho! Peminatnya pun cukup banyak.

Anda cukup ambil foto yang menarik, berikan deskripsi pakaian tersebut dan informasi harganya. Dan, jadikan postingan di Facebook atau Instagram. Bukan tidak mungkin, ini bisa jadi usaha sampingan yang menguntungkan.

Bahkan, kalau ditekuni, bisa saja meraup keuntungan hingga puluhan juta seperti Putri Nabila dan Qayah Rahmani Febiyan. Dua mahasiswi tersebut mampu membangun bisnis dengan omzet Rp60 juta/bulan. Padahal modal awal mereka hanya Rp600 ribu saja!

3.Menjual Produk Sendiri di Toko Online

Menjual Produk Sendiri di Toko Online

Selain medsos dan marketplace, toko online masih menjadi favorit untuk memulai usaha sampingan online.

Apalagi membuka toko online sudah semakin mudah. Anda hanya perlu menyiapkan domain dan hosting. Selebihnya, Anda bisa mengembangkannya sesuai dengan perjalanan usaha sampingan tersebut. 

Lalu, kenapa harus menggunakan toko online? Dengan menjual produk di toko online, Anda bebas menentukan strategi marketing Anda sendiri. Mulai dari desain website, pengaturan display produk, jenis pembayaran dan lainnya. Bahkan, Anda bisa membangun branding dengan lebih profesional.

Ini tentu tak dapat dilakukan kalau menggunakan marketplace atau akun media sosial. Tidak hanya itu, keuntungan dari sebuah toko online itu tidak terbatas.

Dengan pengelolaan yang baik, Anda bisa menghasilkan miliaran rupiah dari produk tersebut. Salah satu contohnya, Yoyok Rubiantono. Pebisnis online ini sukses dengan omzet miliaran rupiah dari bisnis panci.

4.Menjadi Dropshipper

Menjadi Dropshipper

Dropship adalah contoh usaha sampingan yang menguntungkan. Buktinya, Ridwan Saputra, seorang mahasiswa yang awalnya hanya ingin mendapatkan uang tambahan, justru bisa punya omzet ratusan juta rupiah. Wow!

Dropship adalah upaya menjualkan produk milik orang lain. Namun, berbeda dengan reseller, Anda tidak perlu menyetok barang terlebih dahulu.

Jadi, sistem kerjanya adalah Anda menjalin kerja sama dengan produsen atau supplier. Lalu, memasarkan produk mereka. Bisa melalui sosial media, website hingga marketplace.

Nah, saat ada yang membeli produk, Anda bisa menghubungi supplier. Nantinya, mereka lah yang akan mengirimkan produk tersebut kepada pembeli.

Bagaimana dengan keuntungannya? Dari selisih penjualan yang dilakukan. Anda bebas menentukannya. Misalkan harga produk dari produsen atau supplier Rp50ribu, Anda bisa menjualnya lagi Rp 60ribu.

Nah, itulah beberapa rekomendasi bisnis sampingan online yang bisa kalian lakukan tanpa harus mengeluarkan modal. Semoga bermanfaat.