Tips Wawancara Kerja Yang Harus Kamu Tahu!

Grogi menghadapi wawancara kerja merupakan hal yang wajar. Hal tersebut juga banyak dialami oleh mereka yang sedang melamar pekerjaan.

Namun, kalian tak perlu khawatir berlebihan. Karena, persiapan yang matang akan membuat kalian lebih siap dalam menghadapi segala kemungkinan.

Sebagai bekal, di bawah ini kami akan berikan tips – tips interview yang bisa kalian terapkan agar sukses menghadapi HRD nantinya.

Ternyata pengalaman kerja bukan faktor tertinggi dalam kelancaran wawancara kerja. Hal pertama yang diperhatikan HRD adalah kepribadian.

Berdasarkan laporan A.Sterview TopInterview dan platform pencarian kerja Resume-Library, kepribadian pelamar kerja mempengaruhi 70 persen penilaian perusahaan, bersamaan dengan keterampilan dan pengalaman. Sementara pendidikan hanya mempengaruhi 18 persen.

Ciri-ciri kepribadian yang paling tidak diinginkan dari seorang kandidat karyawan adalah arogansi, ketidakjujuran, kurangnya keandalan, dan pikiran sempit.

1.Tips Interview Online dan Offline

Tips Interview Online dan Offline

Berikut ini adalah tips-tips interview sederhana yang perlu Anda ingat dan latih di rumah. Bayangkan Anda sedang menghadapi pewawancara dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dilemparkan.

  • Ceritakan kemampuan Anda dengan antusias dan percaya diri.
  • Hindari penjelasan berbelit-belit saat memberi jawaban panjang
  • Tunjukkan bahwa Anda mampu bekerja dalam tim
  • Jangan memikirkan jawaban terlalu lama
  • Jawab dengan diplomatis, tapi tidak muluk-muluk-m
  • Jangan membongkar aib perusahaan sebelumnya (jika pernah bekerja di tempat lain)

Saat ini wawancara tak harus dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Demi kepraktisan dan efisiensi waktu, perusahaan kerap mengadakan interview online lewat panggilan telepon atau video call.

Apa yang bisa Anda lakukan saat menghadapi interview seperti ini? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Pastikan laptop atau perlengkapan gadget yang digunakan berfungsi dengan baik untuk menghindari kesan tidak profesional.
  • Pandang langsung pewawancara, bukan gambar Anda di layar
  • Tetap berpenampilan sopan dan resmi, meskipun Anda tidak berhadapan langsung dengan pewawancara

2.Pertanyaan Wawancara

Saat interview kerja, kadang pewawancara memang melontarkan pertanyaan tak terduga. Namun sebagian besar pertanyaan yang dilontarkan tidak jauh berbeda, kok. Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang biasa muncul saat interview kerja.

  • “Coba ceritakan tentang diri Anda!”

Saat diminta mendeskripsikan tentang diri Anda, bukan cuma kepribadian dan kesesuaian karakter Anda dengan perusahaan yang ingin diketahui pewawancara.

Pertanyaan seperti ini juga berguna untuk mengukur kemampuan berkomunikasi Anda. Jadi sebisa mungkin jawab dengan tenang tanpa terbata-bata.

Lebih baik lagi jika Anda bisa menceritakan hal-hal yang belum tercantum di resume. Pasalnya kemampuan Anda mempresentasikan diri juga dinilai lewat pertanyaan ini.

  • “Kenapa Anda tertarik melamar kerja di perusahaan ini?”

Melalui pertanyaan ini, pewawancara ingin tahu sejauh apa keseriusan Anda untuk bergabung dengan perusahaan. Lakukan riset kecil-kecilan mengenai profil perusahaan dan posisi yang Anda lamar.

  • “Tolong jelaskan kelemahan Anda!”

Pertanyaan ini biasanya dilontarkan untuk mengukur kejujuran Anda dalam menilai diri sendiri. Jangan sampai Anda menjawab tidak punya kelemahan. Jawaban ini kentara tak jujur dan mengesankan arogansi.

Sebaiknya carilah satu hal yang bukan termasuk kelebihan Anda, namun juga bukan kelemahan fatal. Pastikan Anda menyertakan solusi yang sudah atau sedang Anda jalankan untuk mengatasi kelemahan tersebut.

Jawaban seperti ini menunjukkan kalau Anda adalah sosok yang selalu berusaha untuk menjadi lebih baik.

  • “Kenapa perusahaan ini harus mempekerjakan Anda?”

Jangan sampai Anda ketahuan melamar hanya karena posisi tersebut sesuai dengan kualifikasi Anda tanpa memahami deskripsi pekerjaan itu sendiri. Berikan jawaban yang merangkum kualifikasi dan antusiasme Anda untuk bergabung dengan perusahaan.

  • “Apa rencana Anda dalam 5 tahun ke depan?”

Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui ambisi Anda dalam profesi dan sejauh mana perencanaan yang Anda buat untuk mencapainya. Tentu saja HRD juga ingin tahu apakah rencana jangka panjang Anda sesuai dengan perusahaan atau tidak.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan jika kalian sedang menghadapi wawancara kerja. Memang, hal ini bukanlah hal yang mudah dilakukan, namun kalian bisa mencoba berlatih sendiri di rumah agar lebih siap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.