Tips Melamar Kerja di Perusahaan Agar Cepat Diterima

Mencari pekerjaan saat ini bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi ditambah dengan kondisi pandemic seperti ini tentu perusahaan akan berpikir dua kali karena harus menggaji banyak sekali karyawan.

Namun, bukan bearti kamu tidak bisa mendapatkan pekerjaan, asal kamu tahu cara dan trik nya bukan hal yang cukup sulit.

Jangan khawatir, walaupun saat ini kamu masih berstatus mahasiswa, peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan selalu ada asalkan kamu tahu bagaimana cara dan juga strategi yang digunakan untuk melamar sehingga lebih mudah diterima.

Saat ini juga persaingan dalam dunia kerja sangat tinggi, tetapi jika kamu memiliki skill dan juga kompetensi yang dibutuhkan maka kamu tetap memiliki peluang untuk itu.

Nah, daripada berlama-lama lagi langsung saja simak ulasan dibawah ini karena kami akan memberikan tips untuk melamar pekerjaan.

1.Sesuaikan dengan kemampuan

Sesuaikan dengan kemampuan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tentunya menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk melamar sebuah pekerjaan.

Setelah itu kamu bisa memikirkan pekerjaan apa yang ingin kamu lamar, tapi sebelum mengirimkan CV ada baiknya kamu memang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan.

Walaupun saat ini kamu masih mahasiswa, jika dirasa kamu memang memiliki bakat dan juga skill dibidang tersebut, maka tidak ada salahnya kamu tetap melamar.

2.Upgrade skill

Upgrade skill

Hal kedua yang bisa kamu lakukan adalah selalu update dengan dunia dan tambahkan itu menjadi salah satu ilmu dan juga skill kamu.

Saat ini dunia memang sedang dikuasai teknologi dan juga dunia digital marketing, kemampuan desain, edit menulis, media social, ngeblog dan lainnya merupakan beberapa kebutuhan yang diperlukan saat ini.

Ketika kamu memiliki beberapa skill di atas maka semua ini akan menjadi nilai tambah untuk kamu sehingga kamu bisa mengambil job freelance karena sambil kuliah.

Namun, jika kamu memang tidak berkuliah, bisa saja perusahaan mempertimbangkan kamu untuk menjadi pekerja tetap mereka.

Tentunya gaji yang ditawarkan dari skill diatas juga bisa dinego lho dengan target yang ingin kamu capai.

3. Bidang Kekinian

Bidang Kekinian

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, saat ini banyak sekali bidang kekiniaan yang ditawarkan sebagai lowongan pekerjaan freelance.

Biasanya banyak perusahan yang mencari freelancer karena rata-rata mereka merupakan tenaga muda yang kreatif yang bisa menjalankan teknologi.

Selain itu terdapat banyak sekali lowongan dengan gaji yang tinggi seperti contect creator, admin sosmed, blogger, penulis, desain freelance dan lain-lain.

Lowongan yang paling banyak dicari saat ini adalah content creator, banyak sekali artis hingga perusahaan mencari anak mdua yang memiliki keahlian dan juga bakat ini.

Pekerjaan lainnya adalah admin sosmed, copywriter, content writer dan sebagainya. Cobalah membekali diri dengan skill ini agar pekerjaan lebih mudah datang.

4.CV

CV

Hal keempat yang bisa kamu perhatikan adalah membuat CV yang lengkap dan juga menarik, usahakan untuk menyajikan informasi secara lengkap, detail, jujur dan juga penyajian yang menarik.

Pengalaman juga bisa kamu tambahkan ke dalam CV karena akan menjadi nilai plus, apabila kamu memiliki portofolio pada pekerjaan yang kamu lamar, kamu juga bisa menyertakannya.

Jangan mencantumkan hal-hal yang tidak dibutuhkan dengan pekerjaan yang akan kamu lamar, kecuali softskill yang kamu miliki karena bisa menjadi nilai plus.

Softskill yang dimaksud bisa public speaking, mahir berbahasa asing, dan lain sebagainya yang tentu sangat menambah value kamu di mata HRD atau perusahaan.

5.Branding

Branding

Saat ini media social tidak hanya digunakan untuk memposting hal-hal kesenangan kita lho, karena dengan melalui sosmed juga kita bisa membangun personal branding.

Tahukah kamu bahwa saat ini perusahaan akan mengecek social  media sesorang yang melamar di perusahaan mereka.

Mereka akan memasukan username kamu dipencarian dan langsung melihat jejak digital kamu, hal tersebut untuk melihat apakah kamu memiliki image yang baik atau tidak.

Jika kamu merupakan orang yang memiliki image yang baik ditambah kamu merupakan orang yang terkenal hal tersebut akan menjadi poin plus.

Nah, kira-kira itulah beberapa cara yang bisa kamu ikuti, semoga bermanfaat ya.