Tips Mencari Kerja Bagi Para Fresh Graduate

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang sepele. Anda harus tekun menjalankannya karena banyak saingan yang juga baru lulus.

Mencari kerja bukanlah hal mudah. Apalagi sejak pandemi Covid-19 yang tak cuma berdampak pada lulusan baru, banyak pula karyawan yang terpaksa diberhentikan dan menjadi penganggur.

Ini tentu meningkatkan persaingan di dunia kerja yang semakin hari kian ketat dan sengit. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) nasional menyebut per Februari 2020 jumlah angkatan kerja tercatat 137,91 juta orang.

Dengan angka yang cukup besar tersebut, jumlah persaingan mendapatkan pekerjaan ditambah lagi kondisi yang tak pasti akibat pandemi membuat pencarian kerja menjadi lebih sulit.

Berkaca dari hal itu, bijak rasanya memerhatikan hal-hal penting ketika mencari pekerjaan di tengah situasi pasar kerja atau industri yang tak pasti seperti saat ini. Meski mendapatkan pekerjaan saat ini tak mudah, yakinlah bahwa masih ada harapan baru di depan sana yang menanti Anda.

Status Anda dengan mereka sama, yakni fresh graduate yang belum memiliki pengalaman apa-apa di dunia kerja. Oleh sebab itu, Anda harus bertindak lebih dari mereka, seperti lebih gencar lagi untuk mencari pekerjaan. Berikut tips mencari kerja untuk fresh graduate.

1.Kenali Potensi Diri Anda dan Buat CV yang Sesuai

Kenali Potensi Diri Anda dan Buat CV yang Sesuai

Belajar selama 4 tahun juga belum tentu membuat orang otomatis mengetahui keinginan dan kemampuan yang sebenarnya.

Oleh sebab itu, cari tahulah apa yang menjadi kegemaran Anda dan keahlian yang sesungguhnya alias bakat terpendam. Alangkah bahagianya jika sebuah kegemaran bisa dijadikan sebagai ladang penghasil uang.

Tentu, pekerjaan itu tidak harus yang benar-benar berhubungan dengan mata kuliah Anda dulu. Langkah yang harus Anda lakukan adalah menulis potensi apa saja yang Anda miliki.

Jangan langsung menilai bahwa potensi tersebut sangat rendah kualitasnya. Tulislah dulu semuanya lalu pilihlah mana yang layak untuk dijadikan pekerjaan. Setelah itu, pilihlah skill yang memberikan gaji paling besar.

Sebelum melamar pekerjaan, kenali terlebih dahulu pekerjaan yang akan Anda lamar. Jika Anda melamar pada bagian kreatif, tentu Anda harus membuatnya dengan desain sekreatif mungkin. Nah, CV kreatif ini alangkah baiknya disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang Anda lamar.

Pastikan bahwa CV tersebut menjelaskan dengan detail siapa diri Anda dan apa saja yang sudah Anda kerjakan. Selain itu, usahakan untuk memberikan lampiran yang memang sesuai dengan pekerjaan Anda. Hal ini dimaksudkan untuk menambah nilai jual Anda

2.Gunakan Alamat E-mail yang Baik dan Jangan Terlalu Jadi Pemilih

Gunakan Alamat E-mail yang Baik dan Jangan Terlalu Jadi Pemilih

Alamat e-mail sangat penting untuk Anda perhatikan. Jangan sampai Anda melamar kerja melalui alamat e-mail yang bukan nama Anda alias e-mail pinjaman. Atau lebih parahnya lagi menggunakan nama alamat e-mail yang kekanak-kanakan alias alay.

Tidak dimungkiri, zaman sekarang masih ada saja orang yang terlalu menganggap enteng alamat e-mail. Padahal perusahaan juga bisa melakukan penilaian terhadap alamat e-mail yang Anda gunakan. Buatlah alamat e-mail yang sesuai dengan nama Anda.

Anda bebas memilih di mana ingin bekerja dan bebas menentukan pekerjaan apa yang ingin didapatkan. Akan tetapi, jangan sampai Anda menutup diri untuk kesempatan yang mungkin lebih besar dari yang dipilih.

Lamarlah beberapa pekerjaan dari beberapa perusahaan. Anda bisa menjadikan lainnya sebagai alternatif cadangan Anda ketika perusahaan yang diincar menolak Anda. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghemat waktu menunggu menerima panggilan dari perusahaan terkait.

3.Manfaatkan Aplikasi Pencari Pekerjaan dan Manfaatkan Kenalan

Manfaatkan Aplikasi Pencari Pekerjaan dan Manfaatkan Kenalan

Saat ini, Anda tidak hanya bisa mencari pekerjaan secara offline saja, tapi juga bisa menggunakan beberapa website atau aplikasi untuk membantu Anda mencari pekerjaan.

Situs resmi dan aplikasi tersebut juga akan memberikan informasi kriteria apa saja yang sedang dicari oleh perusahaan tersebut, sehingga dengan mudah Anda bisa menyesuaikannya dengan perusahaan.

Anda juga bisa memberikan e-mail Anda agar bisa diberikan notifikasi apabila ada pekerjaan yang baru membuka lowongan pekerjaan untuk fresh graduate.

Setelah lulus, cobalah untuk mendekat dengan saudara Anda yang kini sedang bekerja. Hal ini dimaksudkan agar dia merasa nyaman berbincang dengan Anda, tentunya perihal pekerjaannya.

Dengan begitu, Anda bisa menanyakan kepadanya apakah ada lowongan pekerjaan yang sedang dibuka di perusahaan tempatnya bekerja. Jangan lupa mengenali waktu yang tepat untuk bertanya. Jangan sampai Anda mendesaknya untuk menjawab saat dia sedang sibuk dengan pekerjaannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan. Semoga bermanfaat.